Monday, October 3, 2011

Harapan Besar dari si Mungil Jumprit

Sesuai namanya, Buletin Jumprit memang mungil. Lebarnya tak lebih dari separuh kertas A4 dan tebalnya 20 halaman, termasuk cover. Meski demikian, cita-citanya besar: ingin menyambung dan memperkuat masyarakat bawah.

Buletin dua bulanan terbitan Yayasan SHEEP ini mulai beredar April 2011. Selain isu utama, buletin ini menyajikan kisah sukses kelompok masyarakat, suara masyarakat, kilas media, tips ringan, dan foto. Pada perdana tema utama yang diangkat adalah kondisi usai banjir.

Edisi kedua terbit Agustus 2011. Tema utamanya, Sungai Tayu dan lingkungan sosial. Sedangkan edisi ketiga, Agustus 2011, mengangkat ancaman krisis air.

"Sulit juga untuk menerapkan pola deadline. Kadang menjelang deadline, ada yang belum selesai. Tapi kami berusaha disiplin, harus terbit tepat waktu," kata Pimpinan Redaksi Jumprit, Husaini di RM Joyokusumo Pati, Sabtu, 01 Oktober 2011.

Tiap terbit, buletin itu disebar ke komunitas petani, nelayan, masyarakat umum, dan instansi pemerintahan. Gratis!

Demi kesempurnaan, awak redaksi Jumprit meminta input dari Pokja Wartawan Pati dan AJI Kota Semarang. Mulai dari desain cover, tata letak rubrik, gaya penulisan hingga font tulisan, dibahas. Tunggu di edisi berikutnya, Oktober ini...

No comments: